Halaman

Sabtu, 22 Desember 2018

5 Manfaat Bangun Pagi Ini Sangat Penting Diketahui

Bagi seorang pekerja bangun pagi mungkin bukanlah hal yang sulit dilakukan, apalagi jika harus mengejar jadwal keberangkatan transportasi umum menuju tempat kerja. Namun jangan hanya karena alasan seperti ini saja kita bersegera untuk bangun pagi, sementara kita malah bangun lebih siang saat libur. Padahal, bangun pagi hari mempunyai manfaat bagi banyak aspek kehidupan.Apalagi jika bangun pagi yang dimaksud adalah pada waktu sebelum adzan subuh. Sesungguhnya banyak sekali hal yang bisa kita dapatkan ketika bangun pagi, sampai-sampai banyak ahli melakukan penelitian tersendiri mengenai bangun pagi ini untuk membuktikannya. Penasaran bagaimana hasil penelitian tersebut? Berikut ini uraiannya. - Tidur 8 Jam Masih Kesiangan? Inilah Alasannya

1. Lebih Bahagia

Orang yang bangun pagi memiliki suasana hati lebih bahagia sepanjang hari. Hasil penelitian membuktikan bahwa kelompok manula cenderung lebih bahagia karena mereka lebih sering bangun pagi. Sementara orang-orang dewasa dan anak muda memiliki suasana hati lebih buruk setiap harinya karena jarang bangun pagi sebagai akibat dari sering bekerja dan bermain hingga larut malam.

2. Lebih Sukses

Universitas Texas pada tahun 2008 melakukan sebuah riset dan dari hasil riset tersebut menemukan bahwa mahasiswa yang sering bangun pagi memiliki nilai GPA atau IPK yang lebih tinggi daripada mahasiswa yang suka begadang dan jarang bangun pagi.

3. Lebih Produktif

Orang yang bangun lebih pagi memiliki waktu lebih banyak untuk menyiapkan pekerjaan. Mereka telah mulai beraktivitas pada suasana yang masih hening dan baik bagi konsentrasi pikiran. Bahkan Profesor Biologi di University of Education di Heidelberg dalam penetiannya menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energi lebih banyak.

Baca juga:
Inilah 7 Kerugian Akibat Tempat Kerja Berantakan

4. Lebih Sehat Secara Fisik

Bangun pagi membuat orang lebih banyak menghirup udara segar dan lebih bersemangat untuk berolahraga bahkan dengan mengerjakan pekerjaan rumah. Tentu hal ini membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Bangun lebih pagi merupakan kebiasaan dari kebanyakan orang sukses. Menghirup udara segar dan berolahraga di pagi hari dapat memperbaiki suasana hati sekaligus menyumbangkan lebih banyak energi untuk melaksanakan aktivitas.

5. Lebih Sehat Secara Mental

Orang yang bangun lebih pagi akan memiliki kondisi psikologis lebih baik (positif) dan mental yang lebih optimis. Mereka pun akan lebih mudah merasa puas. Sebaliknya, orang yang memiliki kebiasaan bangun di malam hari dan tidur pada pagi hari, cenderung memiliki suasana pikiran lebih negatif seperti depresi dan pesimis.

Biasakanlah bangun lebih pagi selagi bisa dan sempat, karena hal itu lebih bermanfaat bagi banyak aspek kehidupan kita, tidak hanya bagi kesehatan fisik dan mental tetapi juga bagi kemajuan karir.

Diadaptasi dari: lifestyle.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar