Halaman

Sabtu, 22 Desember 2018

Pengertian Stimulasi Secara Bahasa dan Menurut Ilmu Perkembangan Anak

Moslegraph - Berikut ini akan dijelaskan pengertian stimuilasi secara bahasa dan secara istilah (dalam bidang ilmu perkembangan anak). 

1. Pengertian Stimulasi Secara Bahasa 

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) stimulasi memiliki pengetian dorongan atau rangsangan, adapun menstimulasi berarti mendorong atau menggiatkan.

 2. Pengertian Stimulasi Dalam Ilmu Perkembangan Anak

Dalam ranah ilmu perkembangan anak stimulasi diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal Stimulasi tumbuh kembang anak dapat dilakukan oleh setiap orang yang berinteraksi dengan anak, mulai dari ibu, ayah, pengasuh anak, anggota keluarga lain dan kelompok masyarakat di lingkungan rumah tangga masing-masing dan dalam kehidupan sehari-hari. - Punya Anak Usia Dini? Beginilah Cara Menstimulasi Perkembangannya

Masih dalam ilmu perkembangan anak stimulasi identik dengan pemberian rangsangan yang berasal dari lingkungan di sekitar anak guna lebih mengoptimalkan aspek perkembangan anak.

Demikain pengertian stimulasi menurut KBBI (secara bahasa) dan menurut ilmu perkembangan anak (secara istilah). Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa stimulasi memiliki pengertian dorongan/rangsangan lingkungan yang berpengaruh pada kondisi seseorang, apakah itu kondisi psikologis, fisik, maupun perkembangan seseorang. Dalam stimulasi selalu ada konsep dorongan (rangsangan), lingkungan, dan pengaruh yang diharapkan.

Diadaptasi dari: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar