Halaman

Kamis, 06 Desember 2012

Siapakah Sang Penipu?

Tanpa sadar, kita sering beralasan pas mau beramal kebaikan supaya nggak jadi dikerjakan. Beda halnya kalau kita mau ngerjain apa yang kita seneng. Umpamanya beberapa contoh kasus berikut, coba simak satu per satu jangan sampai kelewat ya!

Tadinya mau bangun subuh, udah kedengeran adzan dari mesjid sebelah, tapi nggak jadi, alasannya: "Duh musti wudhu nih mmh dingiin. Kok badan lemes gini ya, enaknya tidur terus sampai siang nih! Tapi kan sholat wajib, ya udah deh, subuhnya nanti saja setengah jam lagi, masih ada waktu, munfarid saja ah, nggak usah berjamaah!", tau-tau kebablasan sampai waktu duha. Padahal kalau sudah bangun, biasa aja, nggak pusing, nggak lemes, pas nyentuh air eh ternyata nggak dingin-dingin amat. Udah gitu mesjidnya deket pula, nggak sampai 5 menit jalan kaki, nyampe.

Mau beli makanan, karena ada sobat lama yang datang pas motor lagi mogok: "Ah, capek jalannya!" Giliran motornya stabil: "Duh bakalan ribet nih, keluarin dulu dari garasi, nanti dimasukin lagi. Udah deh kasih air putih saja, sama kue sisa kemarin, Oh iya... kan di dapur ada tepung terigu sama tempe mentah dua bungkus, tapi... mmh, sayang buat nanti makan sore, lagian males kalau musti beli lagi, males juga ngegorengnya." Padahal nyatanya kalau dijalanin nggak susah, nggak sampai lima belas menit udah balik lagi dari warung. Apalagi kalau naik motor, mungkin cuma 10 menit. Udah gitu kalau jalan kaki sehat lagi, itung-itung olah raga. Dapat pahala sedekah, pahala silaturahmi, membahagiakan dan memulyakan tamu juga. Ada lagi nih: membersihkan diri dari sifat tamak.

Mau sedekah: Duh pengen sedekah nih (pas ada pengamen/pengemis/sumbangan mesjid), tapi duit di saku tinggal 10 ribu, kalau disedekahin 5.000 rupiah, uangnya nggak cukup buat beli makan, sebenarnya ada di ATM 500 ribu, tapi males perginya. Ah, nggak jadi ah! Padahal sedekah nggak sedekah, ujung-ujungnya pergi ke ATM juga, orang uang di dompet tinggal 10 ribu, emang mau apa lagi?

Lain waktu ceritanya begini: Mau solat duha: "Tanggung setengah jam lagi masuk kuliah, meningan nggak usah ah!" Padahal waktu seperempat jam juga cukup buat wudhu terus sholat duha dua rakaat, malah bonus do'a lagi.



"Orang yang cerdas adalah orang yang mampu memutar akalnya untuk menempuh jalan-jalan kebahagiaan dunia dan akhirat"

Nah, saudara-saudaraku, justru untuk dapat melakukan hal-hal yang disenangi (dalam hal ini pekerjaan-pekerjaan yang mubah, makruh atau malah haram), kita malah nggak segan-segan mengorbankan sesuatu yang sebenernya harus, bahkan wajib. Waah... gimana nih?!!

Mau sedekah, "Mh...kasihan tuh pengemis, udah lumpuh, kayaknya diperhatiin dari pagi belum ada yang ngasih (ngeraba saku) nah ada nih 5000 rupiah, (pas ada tukang somay lewat), ah beli somay aja dari kemarin nyari-nyari nggak ketemu, mumpung ada (padahal nggak laper), siapa tahu si pengemis mah sebentar lagi juga ada yang kasih." Padahal kita lagi kumpul bareng sama temen deket kita yang lagi megang duit lebih, urusan somay bisa pinjem dulu tuh. Kalau nggak, andaikata kita mau merhatiin, pengemis itu gelisah pas tukang somay lewat, tahu artinya apa? Laper. Sementara kita kan nggak laper, hanya mau ngerasain somay doang.

Kedenger adzan ashar, kita lagi asyik di warnet: "Udah lah, asharnya setengah jam lagi aja, tanggung nih lagi seru maen game, bales pesan di FB belum lagi, takut si dia keburu offline, nanti dia marah lagi, belum kasih salam udah off duluan, bisa gawat." Padahal belum tentu setengah jam yang akan datang kita masih punya waktu bebas, bisa saja setengah jam kemudian hujan turun kejebak deh di warnet, nggak sholat ashar ujung-ujungnya, atau yang paling fatal belum sempet kita solat ashar, kita sudah off dari dunia ini. Kita berlindung diri kepada Allah dari sesuatu yang merugikan kita di akhirat.

Maka dari itu, kita perlu tahu, bahwa yang ngebisikin supaya kita terus aja sama yang kita senengi, sementara yang harus/wajib dilewat dulu, alias ntar aja, itulah SANG PENIPU yang nyata. Siapa SANG PENIPU ini? Nafsu kita, sering juga dibantu oleh setan. Inget, NAFSU ITU SANG PENIPU !! Coba saja pikir, yang gampang dibilang susah, yang perlu dibilang nggak perlu, yang bahaya dibilang enteng-enteng aja, yang ringan dibilang berat, yang senang dibilang susah, yang susah malah dibilang senang. Apa rela nih kita nurutin kehendak nafsu yang menipu kita? Yang sebenernya mau menjerumuskan kita ke situasi yang rugi, lebih-lebih ngejebak kita ke situasi yang gawat/bahaya? Kalau saya sih nggak mau.

Kalau untuk melayani nafsu kita selalu punya akal, punya cara yang brilian? Maka, mengapa mengapa untuk melaksanakan kewajiban dan amal-amal soleh kita selalu kehabisan cara? Malah yang justru datang menyesaki benak adalah segudang alasan untuk menghindar. Itulah, yang sesungguhnya terjadi adalah nafsu kita dengan ditunggangi bisikan setan, selalu bersusah payah menghalangi langkah kita dalam kebaikan. Mereka bekerjasama MENIPU KITA dengan beragam alasan, yang sesungguhnya bohong belaka.

Kita berdo'a, semoga kita semua termasuk orang-orang cerdas. Orang yang cerdas adalah orang yang mampu mempergunakan akalnya untuk menempuh jalan-jalan kebahagiaan dunia dan akhirat. Aamiin...

Kayaknya nggak seru kalau nggak dilengkapi dengan KISAH nyata, saya langsung praktekin nih ceritanya. Ini kisah saya sendiri, mudah-mudahan Allah berkenan menjadikannya jalan bagi keyakinan Saudara-saudaraku, berikut kisahnya :

"Saya menulis artikel ini, sambil men-download. Saya datang ke warnet ba'da ashar, pukul 04.00 kalau nggak salah. Begitu tiba langsung nge-download dan disambung ngetik artikel ini juga. File yang saya download, saya lihat di IDM, perlu 2 jam lebih sampe komplit, bahkan kadang-kadang 3 jam lebih tergantung kecepatannya, karena banyak pengguna yang lain, bukan hanya saya. Tuh udah adzan isya, saya isya dulu deh, download-annya juga belum selesai. (.........) Dilanjut: Alhamdulillah pukul 7.30 malem nih. Isya udah, adem di hati deh he...he... Dilanjut..."

"Download masih lama, tadi tuh sudah jam 5.30, magrib sebentar lagi, dalam hati saya bilang: saya harus mengutamakan Allah, dan begitu saja saat itu juga saya dikasih ide oleh Allah, akhirnya saya dateng ke server, bilang ke penjaga billing, "Mas, saya belum selesai download, saya ada urusan dulu, titip nomer 5 (komputer nomor 5 maksudnya)!", habis itu saya titip uang 20 ribu rupiah, bilang : "Kembaliannya nanti saja Mas!", terus saya pulang dulu. Saya mampir di ayam bakar, pesen satu, nggak tahunya lagi sibuk. Waktu udah makin deket ke maghrib, kepepet, saya bilang ke tukang bakar ayamnya: "Pa, nanti saya ke sini lagi, titip dulu yang tadi!", saya pulang, ambil air wudhu, nyimpen galon kosong di warung, terus sholat maghrib berjamaah di mesjid, balik lagi ke tukang ayam bakar, pesenan sudah dibungkus, saya bayar, pulang lagi sambil bawa air galon kecil, lalu buka puasa (alhmdulillah kehendak Allah juga saya puasa sunnat hari Kamis ini), santai saya sempet ngobrol dulu dengan teman saya di tempat kost. Balik lagi ke warnet pukul 6.45, alhamamdulillah, saya ketik deh kisah nyata ini, tapi baru sebentar duduk udah adzan Isya. Saya isya dulu, balik lagi, dan ngelanjutin pekerjaan di warnet. Puas rasanya. Alhamdulillah!

Nah, ternyata kalau kita balik bisa kan, mengutamakan ibadah kepada Allah dibandingkan pekerjaan yang lain?! Tentu butuh latihan, dan pasti ada ujian-ujiannya. Seperti saya, nggak nyangka Allah menguji saya secepat ini. Belum lama saya mengetik artikel ini, saya langsung "dipaksa praktek" he...he...he... ada lucunya juga. Unik. Alhamdulillah.

Gambar : Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar